Catatan Akhir Liburan, final part : The Last Supper

The Last Supper.. terlalu di dramatisir kayaknya, tapi.. emang semalam itulah yang terjadi, perjamuan makan malam terakhir bersama kawan-kawan lama selama liburan ini. Tak terasa, sudah 11 minggu aku berada jogja, cukup lama.. mungkin waktu yang diimpi-impikan bagi para perantau, terutama yang jauh-jauh. Alhamdulillah, karena masih sekolah.. yang kayak gini masih memungkinkan.

Tapi lebih dari itu, hal yang membuatku merasa sangat puas selama liburan ini adalah.. aku bertemu banyak kawan-kawan lama, dan tak ketinggalan juga kawan-kawan baru. Maklum aja, begitu sampai di tanah kelahiranku ini, sederetan undangan pernikahan sudah mengantri, kalo ga salah ada sekitar 7 atau 8 undangan pernikahan, baik dari temen SMU maupun kuliah, dan dari kesemua itu, 6 diantaranya aku sempatkan hadir (1 karena undangannya ke jakarta, 1 lagi ga gitu kenal, ga dapet undangan, dan ga dipublish di milis).

Yang menarik dari acara seperti ini.. bukan makan-makan di resepsinya, tapi ketemu kawan-kawan lama, melihat perubahan dari mereka(yg berubah), maksudnya.. ada yang udah bawa anak, ada yang bawa calonnya (ada wajah baru, dan ada wajah lama), dan ada yang bawa undangan(undangan nikah :D) . Dan yang lebih menarik lagi.. kalau-kalau mereka masih bisa menyempatkan diri ngumpul2, makan2, cerita-cerita, kabar-kabar, dan tentu saja nostalgia (ga baik sebenernya sering2 melihat masa lalu). Setiap pernikahan, hampir selalu ada wajah-wajah yang berbeda, ada yang di pernikahan teman A ga dateng, di B dateng, dan sebaliknya.. seperti hidup ini.. silih berganti.

Dua minggu yang lalu merupakan acara pernikahan terakhir yang kuhadiri selama liburan ini, kebetulan dua-duanya adalah kawan SMPku, sehingga selain bertemu kawan-kawan SMU (pengantin wanita kebetulan temen SMU juga), juga beberapa wajah masa SMP muncul, meski kemunculannya tampak aneh (tapi waktu itu aku ga begitu memperhatikan keanehannya, hanya sempat berfikir senangnya bertemu kawan2 lama). Salah satu yang muncul yang begitu menarik perhatian adalah Sittanov , salah seorang wanita yang selalu kukagumi hingga saat ini. (sampe2 salah satu sobatku tak bisa menghilangkan efek pesonanya hingga beberapa hari, herannya dulu dia koq ga tau yang namanya sittanov, cerita lengkapnya tentang makhluk ini ntar aja.. :D). Selain dia, ada satu pasangan baru (maksudnya baru ketemu berdua sekarang) yang menarik perhatianku secara energy.

The amazing Dinna (ibu yang satu ini juga sangat istimewa) bersama pasangannya (sayangnya ga hafal namanya), entah kenapa begitu melihat mereka berdua.. aku merasa.. mereka seperti emang diciptakan satu sama lain, begitu klop secara energi(mungkin kalo cuman difoto, ga keliatan, karena penampilan cowoknya emang bukan orang pada umumnya, dan katanya emang tu cowok juga sangat istimewa), intinya.. auran kebersamaan mereka begitu positif, dan pendapatku ini juga diamini beberapa teman yang juga menyaksikan kebersamaan mereka.

Nah, satu lagi yang menarik perhatianku, karena emang aku tunggu-tunggu, seorang kawan lama, yang sudah aku anggap kakak (katanya kalo di luar jawa, kakak identik dengan mbak kalo di jawa). Sebenernya dia lagi ada masalah.. ya.. tentang relationship, yang bikin dia cukup sedih, yang.. menurutku dia ga layak untuk sedih(menurut pandangan subyektif, tapi lagi-lagi banyak yang mengamini). Namun, berhubung dia ga banyak waktu disini , dan dia sedang menikmati kumpul2 ama keluarga, akhirnya kami tidak sempat ketemu langsung untuk ngobrol2.. sayang sekali..

Kalau Allah sudah berkehendak, apapun yang sudah ditakdirkan terjadilah, 2 hari yang lalu aku mendapat sebuah SMS, ternyata dari kakakku itu, katanya dia lagi di Jogja, kebetulan dapet tugas dines deket2 jogja, jadi sekalian mampir pulang selama weekend. Langsung aja aku balas, mau kau ajak main kemana aku? Dia bilang mau minta anter ke rumah kawan lama, mau njenguk keponakan.. pikirku.. ayo sudah.. mumpung disini, berhubung aku ga gitu hafal jalan(aku emang punya masalah dalam menghafal jalan), aku ajak kawan kami yang hafal jalan(rumahnya deket2 situ juga). Berempatlah sudah kami berangkat, bersama-sama satu mobil.

Habis maghrib, sebelum pulang, kami ditraktir tuan rumah.. menikmati kuliner kota Bantul, yang menjadi perjamuan makan malam terakhir di liburanku ini, tapi.. karena belum puas ngobrol(tuan rumah ga bisa lama2, harus ngurus anak), kita akhirnya memutuskan buat nonngkrong lagi, mumpung belum malam, dan mumpung masih di jogja. Karena sudah cukup kenyang makan, maka kami memutuskan untuk cari tempat yang bukan makan berat, dipilihlah angkringan teh poci pinggir sungai code(deket syuhada’), kebetulan suasananya pas enak, ga terlalu rame waktu kami datang, udah gitu.. kebetulan banget di sekitar situ ada yang nyalain kembang api(fireworks), so.. malam itu cukup meriah.

So.. pembicaraan dimulai.. aku mulai mengorek-korek apa yang sedang terjadi dengan kakakku itu, ibarat memancing, kulemparlah kailnya beserta umpannya. Mulai dari menyinggung telpon dan SMS dari sobat lamaku yang begitu mesra selama perjalanan tadi. Setelah main tebak-tebakan, akhirnya mengakulah dia, dan ternyata ga nyangka hubungan mereka udah.. ya.. lumayan intens. Rupanya ini semua adalah mata rantai yang hilang dari misteri acara pernikahan terakhir yang kudatangi, inilah alasan mengapa aku melihat wajah2 lama, termasuk sobat lamaku…(wajah2 yang digunakan untuk menyamarkan suatu pertemuan dua anak manusia) yang bisa dibilang aneh(habisnya menurut logika beberapa mereka yang datang ga ada hubungan dekat dengan kedua mempelai, dimana malah banyak teman2 lain yang harusnya dateng malah ga dateng)

Mungkin ga banyak kata yang bisa diungkapkan, intinya aku lega dan bahagia, apalagi aku tau ada sobat lamaku yang bisa dipercaya buat jaga dia. Meski hari itu wajahnya berseri-seri penuh semangat, aku masih merasa(subyektif) ada masa lalunya yang membuat jiwanya belum tenang. Tapi apapun itu, aku hanya bisa berharap sobat lamaku bisa memberi harapan baru buatnya, dan juga bisa membuatnya selalu tersenyum.

Hari ini aku harus kembali ke kehidupanku, back to school, rasanya puas sekali liburan ini, bisa bertemu banyak orang, menghasilkan sesuatu (sms gateway, meski belum 100% jadi, mobile gateway, dan RT/RWnet), meski ga seberapa.. tapi rasanya puas. Problems solved… eh.. ada satu masalah lagi dink.. kayaknya aku harus mulai fitness deh, kolesterolku udah mencapai tingkatan hyper.. gara-gara masalah ini, 3 bulan yang lalu kena hipertensi(140-100), dan sekarang.. ada suara mendenging di telingaku, yang kata dokter akibat kolesterol itu juga

;s.h.l.


About this entry